PENILAIAN KINERJA



INDIKATOR KUNCI KINERJA

            Indikator kunci kinerja memungkinkan manajer untuk terus belajar dan melakukan peningkatan secara berkelanjutan. Saat ini perusahaan pada setiap bulannya, kebanyakan menerima laporan akuntansi yang memberitahukan mereka mengenai bagaimana kinerja perusahaan dan pada saat kapan mereka membutuhkan suatu tindakan dalam pra-penyusunan anggaran.
            Namun masalahnya disini adalah angka-angka akuntansi pada laporan tersebut hanya menunjukkan kinerja pada satu sisi dimensi saja. Kita harus mampu menggunakan lebih banyak imajinasi serta sistem yang baik untuk melaporkannya. Ketika suatu organisasi diberikan suatu ruang lingkup dan otoritas untuk menentukan pengukuran, mereka biasanya melakukan pendekatan pada tugas yang ada dengan antusiasme dan imajinasi. Trial and Error merupakan bagian daripada proses.
            Peran awal dari sistem pengukuran tradisional adalah untuk menarik informasi yang baik sehingga manajer dapat mengambil keputusan yang baik. Namun, informasi akan menjadi semakin relevan jika hal tersebut tersedia secara real time dan tim yang melakukan pekerjaannya dapat mengambil tindakan secara cepat.
Apakah kinerja potensial dari praktik ini?
·        Untuk memungkinkan manajer untuk terus belajar dan melakukan peningkatan secara berkelanjutan.
·        Untuk memberikan radar bagi manajer untuk mengambil tindakan yang cepat dan korektif.
·        Memberikan proses bagi manajer untuk mengukur kemajuan menuju tujuan strategis.
Tindakan apa yang harus diambil untuk memaksimalkan potensi dari praktik ini?
·        Tindakan Pencegahan
v  Hindari menjadikan indikator kunci kinerja sebagai target tetap perusahaan.
v  Jangan mencoba untuk menghubungkan pengoperasian indikator kunci kinerja dengan kinerja keuangan.
·        Tindakan yang Harus Dilakukan
ü  Basis indikator kunci kinerja pada tim.
ü  Memulai proses mengenai apa yang harus diukur dan melaporkan kriteria suksesi yang diinginkan pada setiap tim.
ü  Gunakan Balance Scorecard.
ü  Melakukan brainstorming pada indikator kunci kinerja potensial.
ü  Sudah termasuk indikator prediktif dan hasil.
ü  Membatasi jumlah indikator kunci kinerja menjadi tiga sampai lima untuk setiap faktor suksesi, seperti hubungan pelanggan.
ü  Pilih indikator kunci kinerja yang menyediakan arah yang jelas dan panduan mengenai apa yang penting.
ü  Pilih indikator kunci kinerja yang mendorong timbulnya perilaku yang baik.
ü  Pilih indikator kunci kinerjayang merefleksikan keseluruhan proses.
ü  Pilih indikator kunci kinerja yang mudah dipahami.
ü  Pilih indikator kunci kinerja yang mampu membawa kita pada pengambilan tindakan yang cepat ketika terjadi perubahan arah kecenderungan.
ü  Melaporkan indikator kunci kinerjasecara hariandan mingguan.
ü  Senantiasa menguji indikator kunci kinerja.
ü  Membagi performa indikator kunci kinerja secara luas.
MELAKUKAN PERAMALAN
            Kebanyakan organisasi tidak hanya menghabiskan beberapa bulan dalam menyiapkan anggaran tahunan, namun juga akan mengabiskan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam merevisi anggaran atau menyiapkan ramalan untuk memberikan pandangan eksekutif senior mengenai posisi keuangan perusahaan diakhir tahun.
            Banyak organisasi menderita karena menggunakan ramalan yang terbatas ditujukan kepada akhir tahun fiskal dan menargetkan bantuan kepada manajer agar tetap pada jalur tersebut. Pada beberapa perusahaan, pendekatan ini mengandung hingga empat rekompilasi anggaran tiap tahun.
ANALISIS BISNIS
            Sebuah analisis berfokus pada aspek tertentu mengenai kinerja. Setiap tim harus memiliki tiga hingga enam tingkatan analisis, dimana masing-masing tingkatan terdapat dua sampai tiga subanalisis. Analisis selalu menunjukkan skor 100, sebuah skala dimana setiap orang memahami dan mampu mengkombinasikan unit pengukuran yang tidak biasa. Analisis menyediakan peringatan tingkat tinggi sementara indikator kunci kinerja menyediakan rincian metriknya (kedalamannya).
            Perancangan sistem analisis yang baik memungkinkan manajer untuk mengawasi kinerja setiap hari, minggu, dan bulan. Sistem analisis tersebut juga akan membantuk manajer dalam menemukan masalah apa yang terjadi dan mengapa hal itu terjadi.
Apakah potensi kinerja dari praktik ini?
·        Untuk menyediakan sistem peringatan awal kepada manajer
·        Menunjukkan dengan tepat akar permasalahan
Tindakan apa yang perlu diambil untuk memaksimalkan potensi dari praktik ini?
Tindakan Pencegahan:
  v  Hindari pandangan pengendalian manajemen berdasarkan pada angka
  v  Hindari dasar pemberian peringatan pada target tetap jangka pendek
Tindakan yang Harus Diambil:
  ü  Memberikan scorecard analisis pada setiap tim
  ü  Daftar atas semua pengukuran dan kemungkinan hasil brainstorming ukuran yang dapat dilacak
  ü  Memberikan pembebanan pada submetrik yang dapat membuat analisis
  ü  Menyelesaikan definisi data untuk setiap indikator kunci kinerja
  ü  Membuatkan target merah, kuning, dan hijau
  ü  Fase analitis pada periode waktu yang masuk akal
  ü  Gunakan software yang efektif
PELAPORAN PRAKTIK
            Pelaporan ini menantang sistem pelaporan yang historis, terinci, dan lamban dimana biasa terjadi pada organisasi besar. Manajer hanya mampu merespon informasi yang dia terima. Jika informasi tersebut lamban dan tidak membantu, mereka biasanya tidak  akan mampu untuk menilai situasinya dan mengambil tindakan yang tepat.
            Relevansi merupakan hal yang terpenting didalam pelaporan. Pelaporan harusnya mengindikasikan bahwa beberapa tindakan tertentu dibutuhkan untuk mengkoreksi deviasi atau untuk memikirkan kembali strategi atau tujuan perusahaan. Kebanyakan perusahaan memiliki dua kali lipat laporan dari yang mereka butuhkan. Serta banyak juga yang harus dikonsolidasikan atau dieliminasi.
KOMPENSASI EKSEKUTIF
            Suatu badan yang menggunakan rencana kompensasi eksekutif mengasumsikan bahwa hal itu bisa memotivasi eksekutif senior dengan menggunakan rancangan paket kompensasi untuk menunjang kinerja. Banyak perusahaan yang menyesuaikan pembayaran gaji pada eksekutif berdasarkan kinerjanya. Seberapa agresif kontrak tersebut biasanya merupakan sinyal yang kuat dalam mendorong pengambilan risiko.
Apa kinerja potensial dari praktik ini?
·        Memfokuskan pemimpin pada peningkatan kinerja jangka panjang
·        Memberikan penghargaan pada kesuksesan
·        Memberikan pesan yang tepat kepada karyawan

Tindakan apa yang perlu diambil untuk memaksimalkan potensi dari praktik ini?
Tindakan Pencegahan:
  v  Jangan mengasumsikan bahwa komite kompensasi memberikan penambahan nilai
  v  Hindari pemberian dasar pembayaran pada kinerja jangka pendek
Tindakan yang Harus Diambil:
  ü  Pertimbangkan pembatasan pembayaran eksekutif beberapa kali lipat dari gaji rata-rata karyawan.
  ü  Mendasarkan penghargaan pada kinerja relatif
  ü  Waspadai opsi saham dan penjaminan pembatasan saham
  ü  Memaksa direktur  untuk menahan saham mereka untuk jangka panjang

  ü  Memberikan nilai pada evaluasi kinerja

Leave a Reply